Gagasan Awal

Auto Generate RAB adalah Sebuah Metoda, yang dianggap dapat menjadi solusi untuk tantangan Perencanaan Pembangunan masa kini. Semua berawal dari keluhan cara-cara tradisional yang banyak dialami oleh rekan-rekan se profesi, seperti hal nya :

  1. Cara Tradisional dengan melakukan perhitungan manual ( Kotretan di atas Kertas ) dianggap sangat menjenuhkan dan memusingkan kepala
  2. Ada pun jalan tengah nya adalah dengan bantuan MS. Excel, itupun masih harus di input kan secara manual pula. Dan saat ini masih menjadi cara yang Populer untuk dikerjakan.

Berangkat dari 2 point di atas, Tentu nya Kita sebagai Arsitek atau Perencana atau bahkan Personal ( Pemilik Project Pribadi) akan mempertanyakan, adakah cara yang lebih instant saat kita melakukan Modelling Bangunan, untuk segera mengetahui nilai RAB nya ?

Pertanyaan Prinsipal yang sangat mendasar dan Teknis di atas lah yang menjadikan awal mula nya lahir Konsep atau Gagasan Auto Generate RAB.

Génération automatique RAB SNI – SKETCHUP

Alhamdulillah setelah perjalan panjang, melewati proses Trial & Error, Akhirnya Metoda Auto Generate RAB SNI bisa di tuangkan menjadi PLUGINS SketchUp. Dan saya yakin dengan interface nya yang simple sangat memudahkan anda untuk mengoperasikan nya.

Silahkan baca : http://autogeneraterab.rumahwaskita.com/2016/09/21/plugins-sketchup-auto-generate-rab-sni/

Dipilih SketchUp karena software Canggih milik Treamble ini sangatlah di gemari oleh para pelaku desain dan property dan bahkan anda , dikarenakan dianggap simple tapi tetap berkualitas. Namun saat ini sedikit sekali Plugins Khas Indonesia untuk SketchUp ini, yang mendukung Teknologi Tepat Guna yang kita harapkan. Akhirnya itu yang mendorong saya untuk membuat Plugins SketchUp dengan Ke-Khasan Indonesia. Artinya, “Dari Indonesia dan untuk Indonesia”.

Génération automatique RAB SNI – ARCHICAD

Dari penggalan kata nya, tentu nya anda dan saya akan sepakat dan mengerti bahwa.

  1. Auto ; adalah Automatis, atau cara instant
  2. Generate ; adalah sebuah upaya untuk dapat mengetahui nya hanya dengan 3 atau beberapa langkah Klik
  3. RAB ; Rencana Anggaran Belanja atau Biaya
  4. SNI ; Standard Nasional Indonesia yang merupakan Acuan baku standard yang akan di ikuti khusus nya untuk regional negara indonesia
  5. Archicad ; Tentunya dengan menggunakan ArchiCAD

Maka Tujuan utama Metoda Auto Generate RAB adala Bagaimana melakukan perhitungan RAB saat dilakukannya Pekerjaan Modelling (Bangunan/Kontruksi/Sipil /landscape/ME/Plumbing/dll ) menggunakan ArchiCAD dengan Mengacu pada Analisa Harga Satuan SNI.

Beberapa Analisa yang medasar lain silahkan baca di Deskripsi Singkat Auto Generate RAB

Semoga Metoda Auto Generate RAB – ArchiCAD ini bermanfaat untuk anda dan untuk Bangsa Indonesia.

Dan Saya sampaikan Terimakasih dan Apresiasi Yang sebesar-besarnya untuk Graphisoft dan Cigraph, atas produk Software yang Luar biasa ini. Saya adalah pemakai dan pecinta ArchiCAD, bukan seorang programer yang menciptakan Script khusus sebagai Addons untuk Archicad.

 

Terakhir, saya berharap Metoda Auto Generate RAB – ArchiCAD dan SKETCHUP dengan SNI ini menjadi solusi untuk Anda dan turut serta memajukan Pembangunan Indonesia. Amin

 

Salam Persahabatan

 

agus rahayu

Agus Rahayu

Mobile : +62812 8457 0982

Rumahwaskita.com