Graphisoft

GRAPHISOFT Archicad

ArchiCAD dikembangkan pada tahun 1982 di Budapest, Hungaria oleh Gabor Bojár, yang kemudian mendirikan Graphisoft. Archicad dikenal sebagai salah satu pelopor Konsep BIM ( Building Information Modelling ) yang paling matang di pasaran. Graphisoft Archicad meraih keuntungan yang gemilang nya di 2007 – 2011, merupakan sebagai Software utama untuk mengembangkan Proyek-Proyek Perumahan Komersial di Eropa. Untuk saat ini, Graphisoft mengklaim bahwa lebih dari 1.000.000 proyek di seluruh dunia telah dirancang menggunakan ArchiCAD.

 

Software yang satu ini begitu powerfull untuk membuat Master Plan dibandingkan dengan software sejenis nya seperti Autocad untuk 2d modelling/drafting atau Sketchup untuk 3d modelling. Saingan beratnya adalah Autodesk REVIT. Menurut saya Archicad sangat bagus untuk siapapun yang ingin menggambarkan desain rumah atau bangunan impiannya. saya sering menyebutnya dengan istilah “1 2 3 pulau terlewati”. yup… bagaimana tidak ?

 

Archicad itu Base ON SOLID COMPOSITE modelling, dimana solid composite sesuai STD pembangunan di setiap negara nya, jadi archicad lebih Engineering Purpose, selain itu masih banyak lagi keunggulan nya :

 

  1. Ketika proses modelling 3d, saat itu juga saya bisa mendapatkan gambar kerja nya
  2. Gambar kerja sekaligus modelling 3d ( hehe point 1 et 2 tidak bisa dipisahkan bukan ? )
  3. Dengan Penerapan Auto Generate RAB, maka Nominal RAB pun bisa segera di ketahui saat itu juga.
  4. Team Work Colaboration, adalah Kolaborasi antar disiplin keilmuan Seperti Arsitek, Sipil Enggineering, Kontruksi , untuk mengerjakan project bersama melalui Jaringan Internet dalam satu file Archicad di BIMServer.

 

 

BIM Concept

 

BIM adalah Building information Modelling, Archicad dikenal sebagai salah satu pelopor BIM Concept yang paling matang di pasaran.

 

Berikut pernyataan Standard Project Committee of the National Building Information Model AS

 

(BIM) adalah representasi digital dari karakteristik fisik dan fungsional dari fasilitas. Sebuah BIM adalah sumber daya pengetahuan bersama untuk informasi tentang fasilitas membentuk dasar yang dapat diandalkan untuk keputusan Siklus hidup, dari mulai awal sampai dengan saat pembongkaran

 

Seperti kita ketahui bersama, dewasa ini Desain bangunan tradisional sebagian besar bergantung pada 2D gambar kerja teknis (meliputi : Denah, Tampak, Potongan, dll). Sementara Archicad dengan konsep BIM nya Dapat meluas melampaui 3D , menambah tiga dimensi ruang utama (lebar, tinggi dan kedalaman) dengan waktu sebagai dimensi keempat ( 4D ) dan biaya sebagai Dimensi kelima ( 5D ) dan Autogenerate RAB adalah pelengkap dimensi ke 5, yaitu 5D

 

Software keluaran eropa ini sangat terkenal di kalangan arsitek dunia. dengan fitur-fitur nya yang hebat membuat imajinasi vs enjineering tanpa batas. Berikut perkembangan ArchiCAD dari Versi awal hingga tahun 2016 ini.

Archicad Versi

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *