وصف السيارات توليد RAB

Vitruvius dalam buku nya De Architectura (وهو أقدم المصادر المكتوبة التي لا تزال موجودة اليوم) bahwa bangunan yang baik haruslah memiliki 3 بالجوانب التقليدية, أي:

  1. Aspek Keindahan / جماليات ( الجمال )
  2. جوانب القوة ( ثبات )
  3. الجوانب الفنية / وظيفة ( خدمات )

ويمكن أن يقال الهندسة المعمارية ليكون هناك توازن وتنسيق بين هذه العناصر الثلاثة, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologis.

Vitruvius, “Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni”

Tentunya Cabang ke-Ilmu yang dimaksud saat ini adala Arsitektur – Sipil – Kontruksi – Management – dan masih banyak lagi.

Pada perkembangan nya hingga Modernisasi zaman seperti sekarang ini, 3 aspek yang di Maktub kan oleh sang Legenda Vitruvius tentu nya akan di koreksi menjadi 4 Aspek sebagai Kritik Arsitektural . Yaitu dengan Tambahan Aspek Biaya. Desain Bangunan suatu jaman akan sebanding dengan perkemangan ekonomi nya. Maka 4 aspek tersebut adalah menjadi :

  1. Aspek Keindahan / جماليات
  2. جوانب القوة
  3. الجوانب الفنية
  4. Aspek Biaya

Sejati nya Aspek Biaya ini akan berbanding Lurus dengan Aspek Kekuatan. Tetapi ini menjadi Nilai dari sebuah Karya, dimana menjadi sebuah Misi – “ Bagaimana Cara nya membangun Sebuah Aspek Kekuatan pada sebuah bangunan dengan tetap menekan Aspek Biaya.”

Nilai – Nilai ini lah yang menjadi Keluhan dan Kritik Arsitektural pada Zaman ini. Dimana Kondisi Harga Bahan bangunan dan upah pekerjaan, biaya sewa peralatan serta hal lain-lain menjadi Variable yang menentukan.

Berarti masalah bersama saat ini yang harus di pecahkan adalah

Aspek – Aspek Vitruvius <——-> Aspek Biaya ( Zaman ini ) <–RAB

Autogenerate RAB SNI dengan Archicad di klaim bisa menjadi Solusi dari Masalah Umum di atas. Tetapi syarat nya adalah harus menggunakan Software Archicad mulai dari versi 16,17,18.

Auto Generate RAB diklaim sebagai Metoda yang benar untuk perencanaan Arsitektural, Sipil, Kontruksi berdasarkan Standard Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan (AHS-SNI ) berbasis Teknologi Integritas.

&nbsp;

autogenerateRAB-OK_zpsevmiboso

Auto generate RAB adalah sebuah Gagasan Workflow Perencanaan Arsitektural, Sipil dan kontruksi untuk mensinergikan antara Desain Perencanaan berbasis Teknologi Software, dalam hal ini Archicad Vs Kontroling budget bangunan sebagai sarana mencapai Teknologi Tepat Guna. ( Lihat Keunggulan Archicad disini )

“ Perencanaan Berbasis Teknologi Vs Kontroling Budgeting “

Didalam Teknologi Tepat guna adalah semakin tepat langkah kita semakin cepat hasilnya nya yang akan diperoleh. Dan ini akan berbanding lurus dengan Peningkatan Produktifitas pekerjaan. Falsafah dasar dari Teknologi tepat guna adalah sama halnya seperti falsafah profesionalisme, yaitu “ Right Man And Right Place “, terkait hal ini lebih tepat nya dilengkapi dengan “ Right Method and Right Result “. Maka akan kita ringkas istilah ini menjadi

“ Metoda yang benar akan membuat hasil yang benar “

“ Right Method will really the correct Result “

Pada prakteknya, Perencanaan Aristektural, Sipil dan kontruksi di kerjakan oleh Profesi Keahlian nya dibidang keilmuannya masing-masing, dalam hal ini Konsultan, Kontraktor, Pengawas, Mandor dll di setiap Instansinya.

Tingkatan Klasifikasi Proyek Pembangunan

Arsitektur adalah Jiwa yang ada pada setiap Manusia, namun ada yang berbeda kadar nya setiap orang. Ada yang memperdalamnya menjadi sebuah keilmuan dan ada yang memposisikan nya menjadi penikmat saja. Sama halnya dengan Seni. Arsitektur adalah Rasa keindahan dan salah satu Hasrat Manusia yang di aplikasikan pada sebuah bangunan. Oleh karena itu, setiap orang adalah arsitek untuk dirinya masing-masing bahkan untuk mimpinya.

Maka dari itu, tingkatan klasifikasi proyek pembangunan sebuah bangunan pun dimulai dari hal yang kecil, adalah dari setiap personal di masing-masing pada rumah tangganya. Terkait hal ini ada dua type, yaitu proses membangun dan proses Renovasi. Dimana tujuan utamanya adalah hasrat.

Tingkatan Klasifikasi Proyek pebangunan:

  1. Personal ; Terkait perhitungan RAB mungkin masih bisa teratasi dengan perhitungan manual walaupun tanpa gambar kerja, dan masih berbasis Software juga. Dalam hal ini MS. Excel. Tetapi itu tetap akan memakan waktu yang cukup lama. Karena harus dihitung manual dari dimensi setiap bentangan element bangunan nya berdasarkan Rumus Matematika. Al hasil cukup memusingkan anda.
  1. Menengah ; Bisa dikatakan minimum luas lahan tertentu mulai dari 0-2 Ha. Pada kasus ini, tentunya harus ada gambar kerja. Dan Perhitungan RAB pun cukup Rumit jika dilakukan sama halnya dengan Tingkat Personal di atas.

“Autogenerate RAB SNI – Archicad dapat menjadi Solusi bagi anda”

  1. Komplex ; Nah,,,pada tahap ini lah kita tidak dapat melakukan nya Perhitungan RAB dengan cara manual lagi. Karena berhubungan nya dengan proses Audit. Bagaimana cara kita mempertanggung jawabkan Cost Estimating Buildings kita?

Auto Generate RAB – Sangat ideal untuk mengatasi masalah tingkat Komplex ini. Karena dianggap Variable nya adalah bersifat FIX dan bisa dipertanggung jawabkan dikarenakan Output Komputerisasi berdasarkan Software Archicad nya.

Sebelum anda menyimpulkan berbagai macam keuntungan yang akan anda peroleh. Sebaiknya kita berbicara kelemahannya terlebih dahulu, antara lain :

  1. Anda harus dapat menggunakan Archicad. Dan memang Auto generate RAB ini kami khususkan untuk anda yang familiar dengan Archicad. Seandainya anda Tidak Familiar ? Kami berharap menjadi alasan anda untuk segera beralih ke Graphisoft Archicad terkait masalah Perencanaan Gambar Kerja dan RAB nya.
  2. Hanya dapat di aplikasikan di Archicad Versi 16 sampai dengan 18. Jika anda menginginkan versi archicad lain, maka Autogenerate RAB ini tentu tidak cocok untuk anda.

Itulah 2 kelemahan yang bisa penulis kemukakan sebelum anda mengetahui keunggulan Archicad dan Autogenerate Rab lainnya.

Apa keuntungan dari Auto Generate RAB ( AGRAB ) ini :

  1. Auto Generate RAB dapat menggenerate secara Automatis Nominal Proyek Pembangunan Mulai dari Tahap Preparasi sampai dengan Tahap Final perencanaan Master plan. Contoh nya : Ketika anda sedang melakukan 30 % Pekerjaan Perencanaan Sebuah bangunan dimulai dengan Modelling 3d di Archicad, maka Ketika anda ingin mengontrol Nilai Proyeknya saat itupula RAB 30 % bisa anda Generate secara automatis.
  1. Mempercepat Keputusan didalam ruang lingkup Management Proyek terkait Keputusan Revisi Desain base on Cost ataupun sebaliknya Cost Base on Design Purpose
  2. Flexibel, Sebagai Variable Fix yang terpercaya berdasarkan Data Base Kumpulan Aanalisa Harga Satuan – SNI
  3. Sangat Berguna bagi anda sebagai Konsultan atau Kontraktor atau Instansi pemerintahan, atau bahkan Secara Personal bagi Anda yang ingin mengetahui Angka Sebenarnya (Real Cost Building Estimate )
  4. Akurat , Diklaim 99 % karena dianggap Variabel Volume Kubikasi bangunannya sudah Fix Automatis diketahui oleh Software
  5. Flexibel dalam hal rencana Keuntungan Project untuk kasus Non Real Cost Estimate, ini berlaku untuk anda pengusaha properti yang tentu nya dengan berbagai kepentingan anda.
  6. Reliable, dan Adaptable. Nominal Harga satuan bahan bangunan dan harga upah dapat anda sesuaikan berdasarkan Daerah masing-masing nya, dan tahun berlaku nya.

Saya memanfaatkan archicad untuk membuat RAB yang REALISTIK. yaitu dengan menggunakan Add-ons pada Archicad.

Goal nya adalah :

  1. Bagaimana mempercepat penetapan RAB agar Menghindari Revisi Desain yang akan memakan waktu lama.
  2. Bagaimana menyelaraskan proses pembuatan desain sebuah bangunan dengan bisa mengetahui RAB nya saat itu juga.
  3. Bagaimana mempersempit celah kesalahan atau error pada sebuah penetapan rab. dianggap SNI dan Software Desain ( yang saya gunakan adalah Archicad 18 ) sebagai variable yang Fix.

pesan-sekarang

&nbsp;

&nbsp;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *